Sejarah Dan Profil Klub Pusamania Borneo. Satu lagi tim sepakbola Indonesia dari Kalimantan Timur yang berprestasi. Tim tersebut adalah Pusamania Borneo. Pusamania Borneo merupakan tim yang berasalah dari Kota Samarinda. Saat ini, Pusamania borneo lebih dikenal dengan nama Borneo FC. Tim dnegan julukan Pesut etam ini juga masuk dalam daftar tim Liga 1 Indonesia 2017. Lalu bagaimana sejarah dan profil tim ini? Berikut ulasan selengkapnya.

 

Sejarah Pusamania Borneo FC

Seperti tim PS TNI, Pusamania Borneo juga belum lama didirikan. Tim sepakbola Indonesia ini secara resmi didirikan pada 7 Maret 2014. Salah seorang yang berpengaruh dalam pembentukan tim ini adalah Nabil Husein Said Amin. Ia adalah ketua koordinator Pusamania yang ada di Malaysia. Saat itu, ia ingin sepakbola di Samarinda bisa maju di laga nasional. Kemudian ia bekerjasama dengan PT Nahusam Pratama Indonesia dalam membentuk tim sepakbola tersebut.

 

Pusamania Borneo atau Borneo FC beberapa kali mengalami perubahan nama. Awalnya tim ini bernama Persisam putra, lalu berganti nama menjadi Putra Samarinda. Perubahan nama menjad Putra Samarinda tersebut dikarenakan status kepemilikannya menjadi perorangan. Hal ini kemudian menimbulkan pertentangan dengan para pendukung. Selanjutnya tim tersebut berganti nama lagi menjadi Pusamania Borneo atau Borneo FC.

 

Kata Borneo ditambahkan setelah tim ini ikut dalam pertandingan Liga 1 Indonesia tahun 2014. Saat itu tim ini mengakuisisi tim profesional yaitu Perseba super dari Madura. Para direksi PBFC memiliki alasan memilih nama Borneo pada tim tersebut. Alasan tersebut adalah ingin mengangkat Pulau Borneo baik dalam skala nasional hingga internasional.

 

Borneo FC memiliki pendukung yang kuat, sebuatnan untuk pendukung Borneo FC adalah Pusamania. Namun Pusamania memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan Balistik. Pusamania lebih memiliki hubungan baik dengan suporter lain seperti Bobotoh, Jakmania, Aremania, Barito mania, dan beberapa pendukung klub lainnya.

 

Profil Pusamania Borneo

Hingga saat ini presiden klub Pusamania Borneo dijabat oleh Nabil Hussein Said Amin. Sedangkan manajer sekaligus pelatih tim ini adalah Dragan Dukanovic. Pria kelahiran 29 Oktober 1969 ini berkebangsaan Montenegro. Pertandingan Liga 1 Indonesia kali ini ia dipercaya untuk memperkuat tim Pusamania Borneo.

 

Tim sepakbola Indonesia ini sudah memiliki daftar nama pemain yang akan ikut dalam Liga Super. Nama-nama pemain tersebut antara lain David ariyanto, Asri akbar, Zulvin zamrun, Dody alfayed, Bernadus F.Gomes, Ponaryo astaman, Lerby Eliandry, Habibi, Diego Michiels, Sultan Samma, Febri Hamzah dan Leonard tupamahu.

 

Kemudian ada lagi Wahyudi Hamisi, Muhammad satriatama, Michael orah, Patrich wanggai, Terens puhiri, Firly apriansayah, Ricky Ohorella, Amien rais ohorella, Muhammad ridho, Abdul aziz, dan Nadeo argawinata.Selain pemain lokal tersebut, Pusamania Borneo juga akan didukung oleh pemain asing. Pemain tersebut antara lain Matheus lopez, Kunihiro yamashita, Shane smeltz, dan Flavio junior.