Sejarah dan Profil Klub PSM Makassar. PSM Makassar merupakan kepanjangan dari Persatuan Sepak bola Makassar. PSM Makassar menjadi salah satu klub sepakbola Indonesia yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan penampilan klub ini sebanyak tiga kali pada ajang Liga Champion Asia. Klub yang masuk daftar Liga 1 Indonesia ini juga menorehkan catatan prestasi yang membanggakan. Kemudian bagaimana awal mula berdiri dan profil singkat klub ini? Simak ulasan sejarah dan profil klub PSM Makassar berikut ini.

 

Sejarah PSM Makassar

PSM Makassar mulai berdiri sudah sejak 2 November 1915. Kala itu, tim sepakbola Indonesia ini memiliki nama Makassar Voetbal Bond atau MVB. Pemain-pemain tim ini berasal dari warga pribumi dan Hindia Belanda. Tahun 1926 hingga 1940, MVB sudah berlaga di berbagai pertandingan nasional hingga internasional.

Sekitar tahun 1940, kegiatan MVB berhenti secara total. Hal ini dikarenakan Jepang mulai memasuki Kota Makassar dan menghilangkan segala aturan pemerintah Hindia Belanda, termasuk tim sepakbola. Namun Jepang akhirnya memperbolehkan adanya tim sepak bola di Makassar. Hingga pada akhirnya lahirlah PSM Makassar.

Berbeda saat penjajahan Belanda dan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, kesempatan PSM Makassar semakin terbuka lebar. Hal ini dikarenakan klub yang masuk daftar Liga 1 Indonesia ini bekerja sama dengan PSSI. Hal ini kemudian membuat PSM Makassar mendapatkan prestasi lebih banyak. Selain itu, mulai bermunculan pemain-pemain handal. Salah satu pemain yang mencatat sejarah adalah Ramang.

 

Profil PSM Makassar

Saat ini, tim yang memiliki Juku eja atau ayam jantan dari timur ini dilatih oleh Robert rene alberts. Pria berkebangsaan Belanda ini sekaligus menjadi manajer tim. Pemilik atau owner dari tim ini adalah PT Persaudaraan Sepakbola Makassar. Sementara Presiden klub saat ini dijabat oleh Sadikin Aksa. Stadion yang menjadi kandang tim sepakbola Indonesia ini adalah stadion Andi Mattalatta di Makassar.

Pada tahun 2017, PSM Makassar didukung oleh pemain-pemain handal. Posisi kiper akan ditempati pemain antara lain Denny Marcel, Rivki Mokodompit, Syaiful dan Hilman. Pada posisi depan, akan diisi pemain antara lain Ferdinand Sinaga, Reinaldo Elias Da Costa, M Rahmat, Romario, Titus Bonai dan Andri Faisal Amru.

Pada posisi tengah, akan diisi oleh Rasyid Bakrie, Muhammad Arfan, Rizky Pellu, Syamsul Bahri Chaeruddin, Asnawi Mangku Alam, William Jan Pluim, Ardan Aras, Marc Anthony Klok, Ridwan Tawainella, dan Gozali Siregar. Sementara untuk pemain belakang, antara lain Hamka Hamzah, Steven Paulle, Zulkifly Syukur, Wasyiat Hasbullah, Reva Aditia Utama, Hendra Wijaya, Faturrahman, Syafei, dan Nurhidayah.

PSM Makassar juga dikenal memiliki pendukung yang sangat banyak. Para pendukung tim sepakbola Indonesia ini memiliki kelompok yang berjumlah 16. Nama kelompok pendukung tersebut seperti Hasanudin, Karebosi, Antang community, Ikatan Suporter Makassar, dan lainnya. Nah, itulah sejarah dan profil PSM Makassar yang perlu diketahhui.