Sejarah dan Profil Klub Persipura Jayapura. Klub sepak bola memang tersebar diberbagai daerah terutama klub sepak bola Persipura Jayapura, Papua. Klub yang telah berdiri pada tahun 1950 an ini adalah Persipura Jayapura, dimana klub ini merupakan klub yang paling tua di Indonesia. Julukan yang diberikan kepada klub sepak bola ini adalah mutiara hitam. Saat kompetisi di Indonesia, prestasi dari klub sepak bola Persipura Jayapura ini semakin meningkat di tahun 2000. Performanya memang terbilang konsisten dari musim ke musimnya.

 

Bahkan klub sepak bola Persipura Jayapura ini juga banyak menjuarai Liga Super bersama dengan Persebaya Surabaya serta Persik Kediri. Klub ini mampu mendapatkan juara pertamanya sekitar tahun 2005 dan juga 2008/2009. Sebelum akhirnya bisa menjadi tim yang kuat level tertinggi saat kompetisi sepak bola Nasional, Persipura Jayapura ini sejak berdirinya memang terbilang turun naik prestasinya bahkan seakan tidak nampak.

 

Markas dari klub sepak bola Persipura Jayapura ini berada di Stadion Mandala Jayapura.Hanya saja karena stadion ini sedang mengalami renovasi secara besar-besaran maka stadion yang digunakan pun untuk sementara waktu yaitu stadion Andi Mattalatta.

 

Persipura Jayapura ini selalu mengandalkan banyka pemain lokal dan juga pemain muda yang berasal dari Papua. Tim sepak bola Persipura Jayapura ini menjadi tim yang paling banyak mendapatkan juara saat Liga Indonesia bersama dengan Persebaya Surabaya dan juga Persik Kediri.

 

Klub sepak bola yang satu ini mampu meraih gelar yang pertama pada musim tahun 2005 dan 2008/2009. Awalnya prestasi dari klub sepak bola ini bermula dari tahun 1950 dimana saat itu prestasinya turun naik. Hingga akhirnya kini ia mampu menjadi tim yang kuat pada level tertinggi kompetisi sepak bola Nasional. Persipura pun juga sempat terdegradasi ke divisi 2 dan juga menjadi juara divisi 2 pada liga Indonesia dua kali juara pada musim tahun 1979 dan 1993.

 

Klub sepak bola Persipura Jayapura yang bermarkas di Stadion Mandala Jayapura ini dikarenakan terjadi kerusakan fasilitas yang ada pada musim SLI tahun 2010 lalu, Persipura pun akhirnya menggunakan Stadion Makassar untuk bisa menjamu tim tamu yang berasal dari klub SLI di Indonesia. Bahkan klub sepak bola Persipura Jayapura ini juga menjadi salah satu klub Indonesia yang lulus ke AFC di tingkat Asian. Saat laga pertamanya dalam musim Asian pun tidak ada satupun perwakilan dari Indonesia yang lulus hingga 16 besar.

 

Dalam laga hanya Persipura dan juga Siriwijaya FC yang masuk hingga babak 16 besar dan pada putaran yang ke 8 besar Siriwijaya FC pun ternyata tidak mampu lulus, hanya klub sepak bola Persipura Jayapura yang mampu lulus hingga masuk ke perempat final. Dengan prestasi yang telah didapatkan, Persipura kini menjadi salah satu klub yang sudah terdaftar di AFC dan berpeluang juga untuk tampil saat Liga Champions Asia.