Sejarah dan Profil Klub Persija Jakarta. Ibukota Jakarta sudah pasti memiliki klub sepakbola andalan. Klub tersebut adalah Persija atau kepanjangan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta. Klub kebanggaan warga Jakarta ini memiliki julukan Macan Kemayoran. Persija juga memiliki penggemar fanatik yang biasa disebut dengan Jakmania. Saat ini, Persija juga ikut bertanding di Liga 1 Indonesia. Seperti klub-klub sepakbola Indonesia lainnya, Persija juga melalui sejarah cukup panjang. Ingin tahu sejarah dan profil klub Persija Jakarta? Berikut akan diulas selengkapnya.

 

Sejarah Persija Jakarta

Persija sudah mulai dibentuk sejak era Hindia Belanda. Persija didirikan tepatnya pada 28 November 1928. Dahulu klub ini bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra atau VIJ. Setelah Indonesia mampu merebut kemerdekaan, VIJ berubah nama menjadi Persija. Meskipun Indonesia sudah terjerat dari pemerintah Hindia Belanda, masih ada organisasi dan perserikatan saingan Persija. Organisasi tersebut adalah Nederlandsch Indisch Voetbal Unie dan Voetbalbond Batavia en Omstreken.

Pada akhirnya organisasi dan perserikatan tersebut dibubarkan secara resmi. Hal ini dikarenakan suasana yang tidak kondusif. VIJ sendiri merupakan pioner terbentuknya PSSI atau Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Sedangkan VBO selanjutnya bersedia bergabung dengan klub sepakbola Indonesia Persija.

Perjalanan karir Persija di dunia sepakbola Indonesia memang tidak mudah. Perjalanan karirnya banyak diwarnai masalah finansial. Pada tahun 2015, bahkan Persija menunggak memberikan gaji kepada pemainnya. Namun saat posisi direktur dijabat oleh Gede Widiade, finansial Persija mulai stabil.

Saat FIFA menjatuhkan sanksi pada dunia sepakbola di Indonesia, kekuatan Persija juga menurun. Persija tidak bisa ikut dalam pertandingan-pertandingan resmi. Sebagai gantinya, Persija mengikuti laga Indonesia Soccer Championship. Saat mengikuti laga Piala Presiden 2017, Persija tidak mampu mengungguli lawan. Persija hanya mampu menembus hingga grup B dengan lawan seperti PS TNI, Bhayangkara FC dan Arema FC.

 

Profil Persija Jakarta

Klub yang tergabung dalam kompetisi Liga 1 Indonesia ini dilatih dan dimanajeri oleh Stefano Cugurra. Ia merupakan pelatih berkebangsaan Brazil. Pemilik klub ini sekarang adalah PT Persija Jaya dengan Presiden Klub dijabat oleh Ferry Paulus. Persija juga memiliki kandang pertandingan, yaitu di stadion Patriot Candrabhaga.

Dalam kompetisi Liga 1 Indonesia, terjadi perombakan pemain tim. Mayoritas pemain tersebut adalah pemain lokal dan sebagian pemain asing. Pemain asing kebanyakan berkebangsaan Brazil, antara lain Luiz Junior, Willian Pacheco, dan Bruno Lopez. Sedangkan pemain asing lain berasal dari Nepal yaitu Rohit Chand. Luiz Junior sendiri merupakan pemain transfer dari klub Madura United.

Pemain lokal Persija juga tidak kalah handal. Deretan pemain lokal tersebut antara lain Bambang Pamungkas sebagai kapten, Ismed Sofyan sebagai wakil kapten, Irfandy Zein, Ryuji Utomo, Vava Mario Yagalo, Maman Abdurrahman, Ramdani Lestaluhu, Sutanto Tan, Rudi Widodo, dan masih banyak lainnya. Daftar squad ini masih bisa mengalami perubahan pemain.