Sepakbolaindo – Sejarah Dan Profil Klub Persiba Balikpapan. Jika kita berbicara mengenai klub sepak bola memang banyak sekali ragamnya. Bahkan kini seakan setiap daerah memiliki klub tersendiri. Persiba Balikpapan merupakan salah satu klub sepak bola yang markasnya berada di Balikpapan, Kalimantan Timur dan berdiri sejak tahun 1950. Uniknya klub sepak bola yang satu ini biasanya mendapatkan suatu julukan yakni beruang madu. Padahal sebelum mendapatkan julukan tersebut, klub ini sering mendapatkan julukan tim selicin minyak. Ketua dari klub sepak bola Persiba Balikpapan ini adalah H. Syahril HM Taher, sedangkan manajer umumnya yaitu Ir. Jamal Al-Rasyid MM.

 

Bukan hanya itu saja, sekarang ini yang menjadi pelatih klub ini adalah Hans Petter-Schaller yang berkebangsaan Austria. Dia merupakan pelatih yang menggantikan Peter Butler yang berasal dari Inggris. Persiba baru menunjukkan eksistensinya setelah sepak bola Indonesia mampu memasuki era professional. Persiba Balikpapan merupakan akronim dari Persatuan sepak bola Indonesia Balikpapan. Meskipun klub yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1950, namun klub ini baru terdengar namanya saat mereka berhasil menjuarai kompetisinya pada divisi 1 tahun 1985.

 

Setelah itu, divisi utama perserikatan klub yang mendapatkan julukan beruang madu ini paling tinggi hanya mampu menembus babak 6 besar pada tahun 1988 dan tahun 1989/1990. Klub sepak bola Persiba Balikpapan ini berhasil melakukan promosi ke divisi utama Liga Indonesia setelah berhasil menduduki peringkat yang ke 4 regional 2 divisi 1 pada tahun 2004. Setelah itu prestasi terbaik dari mereka pun sudah berhasil menduduki peringkat yang ketiga saat Liga 1 masih bernama Indonesia Super League musim tahun 2009/2010.

 

Sekarang ini, klub sepak bola Balikpapan memiliki markas di stadion Batakan. Setelah sebelumnya markasnya berada di stadion Pertamina. Sejak berdiri, klub sepak bola Persiba Balikpapan ini memang langsung mendapatkan hati di kalangan para pecinta sepak bola Balikpapan. Meskipun sudah cukup matang dalam usia, namun Persiba ini kurang dikenal luas dalam dunia sepak bola tanah air. Sekarang ini menjelang bergulirnya kembali kompetisi tanah air setelah sempat vakum selama 2 tahun lamanya bakal memberikan kejutan besar untuk publik sepak bola tanah air.

 

Klub sepak bola Persiba Balikpapan ini juga memiliki stadion utama yang dikenal dengan nama stadion Batakan. Tentunya stadion ini berukuran cukup besar sebab mampu menampung sekitar 42.000 orang. Disinilah para supporter klub sepak bola ini memberikan dukungannya dengan yel-yel untuk tim kesayangannya kala mereka sedang bertanding. Tentunya sejak berdirinya tahun 1950 an ini, klub sepak bola Persiba Balikpapan juga sudah mengantongi berbagai prestasi dan gelar. Inilah berbagai gelar yang telah mereka raih yakni Juara Divisi I Perserikatan : 1985, Runner Up Piala Walikota Padang ( 2015 ) ISL dan Juara 3 Musim 2009-2010. Tentu saja dari ketiga prestasi dan gelar yang mereka raih ini mampu membuat tim mereka merasa bangga dengan kemampuannya.