Sejarah dan Profil Klub Persib Bandung. Persib memiliki kepanjangan Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung. Tentu saja markas besarnya berada di kota Bandung. Persib adalah klub sepakbola Indonesia yang paling besar. Klub ini mendapat julukan Maung Bandung dan Pangeran biru. Sementara para penggemar Persib disapa dengan sebutan Bobotoh yang tersebar di wilayah Jawa barat dan Banten. Saat ini Persib Bandung juga mengikuti laga Liga 1 Indonesia. Agar lebih mengenal klub sepakbola Indonesia ini, silakan menyimak sejarah dan profil klub Persib Bandung.

 

Sejarah Persib Bandung

Persib Bandung juga tidak kalah memiliki sejarah yang panjang. Klub ini rsmi didirikan pada 14 Maret 1933. Namun sebelum resmi didirikan, awal mula Persib terbentuk karena adanya Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond. Organisasi ini berdiri pada tahun 1923. BIVB adalah sebuah organisasi yang diketuai Syamsudin. Kala itu, BIVB menggunakan lapangan Tegallega untuk tempat latihan para pemain. Organisasi inilah yang menjadi cikal akal berdirinya Persib Bandung.

Setelah era pemerintah Hindia Belanda diganti dengan penjajahan Jepang, aktivitas BIVB berhenti. Namun setelah Indonesia merdeka, Persib melebarkan sayap dengan mengembangkan eksistensinya di berbagai daerah. Seperti misalnya di Tasikmalaya, Sumedang, hingga di Yogyakarta. Hal ini membuktikan, bahwa Persib mampu menjadi klub sepakbola Indonesia yang kuat.

Persib Bandung juga mengikuti berbagai pertandingan. Salah satu pertandingan yang tidak ketinggalan adalah Liga 1 Indonesia. Persib Bandung mulai ikut kompetisi Liga 1 Indonesia sejak tahun 1994 hingga saat ini. Selama mengikuti kompetisi tersebut, Persib Bandung mengalami pergantian pemain dan pengurus. Bahkan, saat Liga Indonesia pertama digelar, Persib Bandung sudah mampu menjadi juara pertama.

 

Profil Persib Bandung

Persib Bandung berada di bawah kepemilikan PT Persib Bandung bermartabat. Posisi Presiden klub dijabat oleh Glen Sugita dengan manajer Umuh Muchtar. Sedangkan pelatih klub sepakbola Indonesia ini adalah Djajang Nurjaman. Persib Bandung memiliki kandang sendiri yaitu Gelora bandung Lautan Api atau Stadion Si Jalak Harupat.

Saat akan berlaga di Liga 1 Indonesia tahun 2017, Persib Bandung diperkuat oleh pemain-pemain lokal dan asing. Persib Bandung telah mengumumkan 25 pemain baru untuk mengikuti kompetisi tersebut. Pemain asing yang membela Persib Bandung antara lain Michael Essien, Carlton Cole, Shohei Matsunaga, Sergio Van Dijk, dan Vladimir Vujovic.

Posisi kiper diisi oleh I Made Wirawan, Muhammad Natsir Mahbuby, dan Imam Arif. Pada posisi belakang, diisi oleh pemain seperti Vladimir vujovic, Achmad jufriyanto, Wildansyah, Supardi, Toby Sucipto, Jajang Sukmara, dan Henhen Herdiana. Pada posisi tengah akan diisi oleh pemain seperti Hariono Kim Jeffrey Kurniawan, Dedi Kusnandar, Gian Zola Nasrullah, Ahmad Subagja, Michael Essien, Raphael Maitimo, Febri Hariyadi, dan Agung Mulyadi. Sedangkan posisi depan akan diisi oleh Sergio Van Dijk, Tantan, Shohei Matsunaga, Carlton Cole, dan Angga Febriyanto.