Sejarah Dan Profil Klub Persela Lamongan. Persela Lamongan merupakan suatu tim sepakbola profesional Indonesia yang berasal dari kota Lamongan, Jawa Timur. Persela kepanjangan dari persatuan sepakbola Lamongan yang diberi julukan laskar Joko Tingkir. Untuk menunjukkan eksistensinya di dunia sepakbola, Persela Lamongan yang mulai berdiri 18 April 1967 ini selalu berusaha tampil maksimal dalam mengikuti turnamen kelas tinggi. Hingga akhirnya pada musim 2011/2012 saat mengikuti laga Super League Persela berhasil merebut posisi keempat klasemen. Inilah prestasi terbaik yang pernah diduduki Persela.

 

Profil Persela Lamongan

Mengenai semangat dan kekompakan, Persela Lamongan sebagai tim sepakbola Indonesia memiliki kekompakan yang sangat bagus. Hal ini sering menjadikan Persela menduduki runner up dan bisa mengalahkan tim papan atas lainnya. Apalagi jika bermain di kandang sendiri. Dua tim besar di Jawa Timur pun pernah dikalahkan Persela dalam merebut Juara Piala Indonesia, TSC 2016 presented by IM3 Ooredoo, dan kompetisi era Perserikatan.

 

Persela tidak pernah boros dalam membelanjakan uangnya untuk memborong banyak pemain sebagai bintang. Rasa optimis dan kerjasama yang tinggi membuat mereka semangat dapat mengalahkan tim-tim papan atas di liga 1 Indonesia. Selain rasa optimis, eksistensi Persela juga tidak lepas dari peran pelatih Arema bernama Miroslav Janu sehingga prestasi terbaik pun mampu diraih Persela dalam kompetisi terelite di Liga 1 Indonesia.

 

Manajer tim sepakbola Indonesia berjulukan laskar Joko Tingkir ini dimanajeri oleh Yunan Achmadi. Pelatih saat ini yang selalu memantau Persela adalah Herry Kiswanto. Kiper berkualitas seperti Choirul Huda dan beberapa tim lama juga menjadi kekuatan bertahannya prestasi Persela. Suporter LA Mania selalu memberikan semangat mental untuk pemain-pemain dalam menghadapi laga kelas tinggi.

 

Sejarah Persela Lamongan

Julukan lascar Joko Tingkir yang melekat pada Persela membuat tim ini semakin memiliki semangat tinggi sesuai dengan filosofi yang diberikan. Joko Tingkir terkenal sebagai tokoh kerajaan pajang yang kuat, gagah, dan berani. Hal itu diharapkan agar Persela juga memiliki keberanian yang sama layaknya Joko Tingkir yang pernah mengalahkan seekor buaya besar seperti tim kelas tinggi.

 

Pembuktian prestasi dalam eksistensi dunia sepakbola nasional mulai ditunjukkan setelah kompetsisi memasuki era professional. Di tahun 2003 persela sukses promosi ke divisi utama yang sebelumnya hanya berkecimpung di tingkat bawah divisi II dan I. akhirnya semuanya berubah setelah promosi divisi utama di stadion Manahan Solo tahun 2003. Berawal dari itulah Persela lamongan mulai menembus Super Liga sebagai asta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia tingkat nasional.

 

Kiprahnya di Super Liga, tim sepakbola Indonesia Persela mampu menyetarakan kedudukannya dengan tim papan atas. Bukti tersebut dilakukan dengan berhasilnya mengukir prestasi di putaran pertama Super Liga tahun 2008/2009. Terlebih saat Persela mampu mengalahkan perolehan poin dari beberapa tim berbintang seperti PSM Makasar, Arema Malang, Persik Kediri. Sungguh prestasi yang patut dibanggakan sebagai tim pendatang baru.