Sejarah Dan Profil Klub Mitra Kukar. Mitra Kutai Kartanegara atau yang biasa disebut dengan Mitra Kukar adalah salah satu klub sepakbola Indonesia yang berasal dari Kalimantan Timur. Tim ini memiliki sebutan lain Barisan kuat dan kekar serta Naga Mekes. Sedangkan pendukung tim ini biasa disebut dengan Mit Man atau Mitra Mania. Dari awal terbentuk hingga sekarang, Mitra Kukar juga mengalami sejarah panjang. Bagaimana sejarah terbentuknya tim ini? Silahkan menyimak ulasan sejarah dan profil klub Mitra Kukar.

 

Sejarah Mitra Kukar

Berdirinya Mitra Kukar pertama kali tidak terlepas peran dari klub Niac Mitra. Klub ini berasal dari Surabaya hingga dikenal namanya menjadi Mitra Surabaya. Pada 16 Juni 1983, klub tersebut mengikuti pertandingan dengan melawan Arsenal. Saat ini pertandingan digelar di Stadion Gelora 10 November. Arsenal harus mengakui kekalahan dengan skor 2-0 atas Niac Mitra.

Tahun 1999, Niac Mitra dibeli oleh H. Sulaiman HB. Niac Mitra akhirnya pindah ke Palangkaraya Kalimantan Tengah. Sejak kepindahannya tersebut, nama Niac Mitra diganti menjadi Mitra Kalteng Putra. Namun pada 2001, klub ini mengalami defisit anggaran, sehingga membuatnya harus berpindah markas lagi. Pada tahun 2003, Mitra Kalteng Putra pindah ke Kutai Kartanegara namun dengan status pinjam.

Mulai saat itu hingga sekarang, Mitra Kalteng Putra berganti nama menjadi Mitra Kukar. Klub ini juga sudah masuk daftar Liga 1 Indonesia sejak tahun 2004. Saat ini status Mitra Kukar sudah secara resmi menjadi miliki Kutai Kartanegara. Tahun 2005, klub ini dibeli dengan harga 1,5 Miliar Rupiah. Hingga saat ini, Mitra Kukar menjadi salah satu klub sepakbola Indonesia yang berprestasi.

 

Profil Mitra Kukar

Mitra Kukar memiliki nama lengkap Mitra Kutai Kartanegara Football Club. Pemilik klub Mitra Kukar sekarang adalah PT Kutai Kartanegara Sport Mandiri. Presiden klub dijabat oleh Endri Erawan. Sedangkan pelatih dan manajer klub dipegang olah Jafri sastra. Mayoritas pertandingan klub sepakbola Indonesia ini digelar di Stadion Aji Imbut.

Adapun squad tim ini didukung oleh pemain cukup populer. Pemain yang masuk daftar squad Liga 1 Indonesia 2017 ini tak hanya pemain lokal. Namun juga pemain asing seperti Oh In Kyun dari Korea Selatan, Mohammed Sisoko dari Mali, Marclei Santor dari Brazil, dan Jorge Gotor.

Sementara pemain yang berasal dari Indonesia antara lain Wiganda Pradika, Syaiful Ramadan, Abdul Gamal, Zulham Zamrun, Anindito Wahyu, Arpani, Bayu Pradana, Hendra Bayau, Saepuloh Maulana, Noval Vandianur, Aldino Herdianto, Abdul Rohim Tole, Joko Sidik, Riki Pambudi, Muhammad Bahtiar dan masih banyak yang lainnya. Kapten pada klub ini ditempati oleh Bayu Pradana. Sedangkan wakil kapten ditempati oleh Dedi Gusmawan. Itulah tadi sejarah dan profil klub Mitra Kukar yang masuk ke dalam divisi Liga 1 Indonesia.