Sejarah Dan Profil Klub Barito Putera. Barito Putera adalah salah satu klub sepakbola Indonesia dengan level atas yang mengikuti Liga 1 Indonesia tahun 2017. Berbicara soal peserta Liga 1 Indonesia, Barito Putera hadir kembali untuk turut mewarnai persaingan dalam pertunjukan sepakbola Indonesia. Sebelum membahas lebih banyak tentang klub Barito Putera di Liga 1 Indonesia, akan lebih lengkap jika para penggemar sepakbola Indonesia juga mengetahui tentang sejarah dan profil klub Barito Putera.

 

Sejarah Klub Barito Putera

Barito Putera dibentuk pada tahun 1988, atas tekad besar H. Sulaiman HB yang pada saat itu beliau sedang berjuang melawan maut karena suatu penyakit yang menyebabkan beliau harus melakukan operasi besar di RS. Pondok Indah Jakarta. Barito Putera dibentuk di Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk memenuhi harapan harapan pemain sepak bola Kalimantan Selatan.

Pemain Barito Putera pada kala itu kebanyakan berasal dari PON Kalimantan Selatan, seperti Abdullah, Sultan, Marjono, Enong Noordiansyah, Tarmizi, Masransyah, M. Yusuf, M. Riduan, Radiani dan Sear Yusuf Huwae. Selain itu, Barito Putera juga mendatangkan beberapa pemain luar dari Ujung Pandang, yakni Muchtar, Agus Salim dan Abu Nawas yang pernah melatih Martapura FC.

Di samping itu, didatangkan pula pemain dari Bandung yakni M. Yunus, Nadir Salasa dari Surabaya, Priyo Haryadi dari Jakarta, dan Sugiarto dari Malang. Pada awal didirikan, Barito Utama dimanajeri oleh M Hatta dan Arsitek Andi Lala dan bermarkas di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Klub Barito Putera ini juga memiliki julukan spesial “Laskar Antasari”. Mereka mulai bermain di Liga Super Indonesia di musim 2013.

Pada musim 2013, Klub Barito Putera yang merupakan Perseban Banjarmasin yang menempati posisi divisi 3 PSSI berlebur dengan Martapura Fc yang berada di divisi utama Liga Indonesia. Oleh sebab itu, Stadion 17 Mei Banjarmasin tidak memadai. Sehingga dipaksa untuk dipindah ke Stadion Demang Lehman. Akan tetapi, klub Barito Putera kembali menetap dan mengukir prestasi di markas Stadion 17 Mei pada musim 2014 hingga sekarang.

 

Profil Klub Persatuan Sepakbola Barito Putera

Klub Barito Putera didirikan pada tahun 1988, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan atas inisiatif H. Sulaiman HB. Klub Barito Putera yang merupakan salah satu peserta Liga 1 Indonesia 2017 saat ini diketuai oleh Presiden Klub atas nama Hasnuryadi Sulaiman. Klub Barito Utama saat ini bermarkas di Stadion 17 Mei Banjarmasin dengan kapasitas 15.000, dengan nama julukan klub Laskar Antasari.

Manajer PS Barito Putera adalah Jacksen F. Tiago. Daftar pemain Barito Putera di Liga 1 Indonesia yaitu: Muhammad Riyandi, Aaron Evans, Muhammad Roby, Douglas Packer, Muhammad Rifqi, Ambrizal, Yongki Aribowo, Amirul Mukminin, Agi Pratama, Dedi Hartono, Thiago Chuna, Shahar Ginanjar, Shayroni, M. Hanif, Paulo Sitanggang, Gavin Kwan, Aditya, Valentino Telaubun, Nazar, Hansamu, Fajar, Rizky, Rio Nugroho, Faisal, Dandi, Dimas, Matias, Rendra, David, Nazarul dan Daniel.