Sejarah Dan Profil Klub Bali United. Bali United adalah salah satu klub sepakbola Indonesia dengan level atas yang mengikuti Liga 1 Indonesia tahun 2017. Berbicara soal peserta Liga 1 Indonesia, Bali United hadir kembali untuk turut mewarnai persaingan dalam pertunjukan sepakbola Indonesia. Sebelum membahas lebih banyak tentang klub Bali United di Liga 1 Indonesia, akan lebih lengkap jika para penggemar sepakbola Indonesia juga mengetahui tentang sejarah dan profil klub Bali United.

 

Sejarah Klub Bali United

Berawal pada tahun 1989, didirikan dua buah klub dengan nama Persisam (Persatuan Sepak Bola Samarinda) yang didanai oleh Pemerintah Kota Samarinda dan Pusam (Putra Samarinda) yang didanai oleh pihak swasta. Saat pertandingan semi-profesional yang dicampur dengan Perserikatan yang selanjutnya menjadi Liga Indonesia, klub Pusam sempat vakum. Sedangkan klub Persisam masih terus bergelora mengukir prestasi saat itu.

Pada tahun 2002/2003, prestasi Persisam juga sempat menurun. Sehingga pada tahun selanjutnya, Persisam mulai bangkit kembali dan bahkan dua klub Persisam dan Pusam saling bergabung menjadi satu klub dengan nama Persisam Putra Samarinda. Gabungan klub ini memiliki julukan prestasi, yakni Pesut Mahakam.

Pada pertandingan selanjutnya, Pesut Mahakam berhasil meraih banyak prestasi, diantaranya ia berhasil meraih delapan besar divisi dua pada tahun 20015, lalu naik ke peringkat tiga grup 4 divisi satu pada 2007. Klub ini di kasta level ke dua dan membobol divisi utama pada tahun 2008/2009. Prestasi prestasi yang diraih mampu membawa mereka memenangkan juara divisi utama dan memperoleh tiket promosi menuju Superliga 2009/2010.

Demi meningkatkan prestasi dan daya jual klubnya dalam kancah sepakbola Indonesia, Persisam Putra Samarinda mengubah nama klubnya menjadi Bali United Pusam Football Club pada tahun 2015, yang selanjutnya dikenal sebagai Bali United.

Dengan bergantinya nama klub tersebut, Bali United membawa nama Pesut Mahakam berpindah stadion dari Stadion Palaran di Samarinda menuju ke Stadion 1 Wayan Dipta di Gianyar, Bali. Meskipun tidak berawal dari Bali, klub Bali United kini selalu membuat warga Bali bersorak untuk untuk mendukung pertarungan sepakbola Indonesia, khususnya Bali United.

 

Profil Bali United

Setelah mengetahui sejarah terbentuknya salah satu peserta Liga 1 Indonesia, Bali United, berikut akan dipaparkan profil tentang klub Bali United.

Bali United didirikan pada tahun 1989 di Samarinda, dengan dua klub yang masih terpisah. Pada tahun 2003, dua klub tersebut bergabung menjadi satu, lalu pada tahun 2015 baru menjadi sebuah klub dengan nama Bali United yang menetap di Gianyar, Bali. Klub ini memiliki julukan “Serdadu Tridatu” dengan julukan prestasi “Pesut Mahakam”.

Pemilik Bali United adalah PT Bali Bintang Sejahtera, dengan CEO Yabes Tanuri. Indra Sjafri sebagai kepala pelatih dengan tiga pelatih lainnya, yakni Nursaelan, Eko Purjianto, dan Jarot Supriadi.