Sejarah dan Profil Klub Arema FC. Bagi penggemar dunia sepakbola Indonesia, klub dengan julukan Singo edan pasti sudah akrab di telinga. Klub dengan julukan ini sudah pasti adalah Arema FC. Arema FC adalah klub yang masuk dalam daftar Liga 1 Indonesia dengan markas besar berada di Malang. Arema FC juga salah satu klub yang cukup kuat. Klub ini menjadi salah satu kebanggaan Kota Malang, Hingga setiap sudut kota Malang banyak dijumpai patung dan gambar singa, sebagai maskot Arema FC.

 

Hingga saat ini, Arema FC memiliki banyak prestasi dalam pertandingan Nasional. Selain itu, beberapa pertandingan setingkat Asia juga pernah diikuti. Banyaknya prestasi yang diraih tersebut membuat Arema FC memiliki banyak sekali penggemar. Mulai dari kalangan anak-anak, pria hingga wanita. Penggemar Arema FC disebut dengan Aremania sedangkan untuk penggemar wanita, disebut dengan Aremanita. Lalu bagaimana awal mula klub Liga 1 Indonesia ini berdiri hingga sekarang? Berikut sejarah dan profil klub Arema FC selengkapnya.

 

Sejarah Klub Arema FC

Arema FC mulai berdiri secara resmi pada 11 Agustus 1987. Bulan Agustus merupakan cikal bakal munculnya simbol dan julukan klub yaitu singa. Hal ini dikarenakan bulan Agustus identik dengan horoskop Leo. Dimana horoskop ini memiliki lambang singa. Sehingga simbol singa dan julukan Singo Edan dipakai sebagai ciri khas Arema FC.

 

Pada awalnya, klub ini bernama Arema Malang, Arema Cronus FC hingga dikenal sebagai Arema FC. Sebenarnya kepastian nama Arema belum diketahui banyak orang. Namun nama Arema sudah ada sejak Kerajaan Singosari, yaitu seorang Patih bernama Kebo Arema. Patih Kebo Arema dikenal sebagai sosok yang kuat, berprestasi dalam menaklukkan kerajaan lain, dan memiliki pengaruh politik.

 

Selain nama dari seorang Patih, Arema memiliki kepanjangan. Akronim dari Arema adalah Arek Malang. Nama tersebut merupakan sebuah komunitas di Malang Raya dan sudah menjadi identitas masyarakat di sana. Akronim Arema sudah lazim digunakan untuk berbagai kelompok, tak terkecuali untuk nama klub sepakbola. Sehingga berdirinya Arema FC sebagai klub sepakbola Indonesia bukanlah hal yang mustahil.

 

Profil Arema FC

Saat ini klub sepakbola Indonesia Arema FC dilatih oleh Aji Santoso. Aji santoso juga sekaligus berperan sebagai manajer klub. Sedangkan pemimpin atau Presiden klub Arema FC adalah Iwan Budianto. Tahun 2017, pemain-pemain Arema FC berkebangsaan Indonesia dan asing. Posisi kiper dipegang antara lain oleh Kurnia Mega, Dwi Kuswanto, Utam Rusdiana, dan Ahmad Ibnu Adam. Pemain lainnya seperti Cristian Gonzales, Sunarto, Desik Setiawan, Muhammad Rafly, Hanif Syahbandi, Ferry Aman Saragih, Hendro Siswanto, Ahmad Bustomi, dan masih banyak yang lainnya.

 

Itulah tadi sejarah dan profil Arema Fc sebagai salah satu klub di Liga 1 Indonesia. Mulai awal berdiri hingga sekarang, tentu Arema FC menjadi salah satu klub yang dibanggakan.