Indra Sjafri Resmi Diganti Posisinya Sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-19

Indra Sjafri Resmi Diganti Posisinya Sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-19

Sepakbolaindo – Indra Sjafri Resmi Diganti Posisinya Sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-19. Indra Sjafri akhirnya resmi tidak lagi menjadi pelatih bagi Timnas Indonesia U-19 (alias dicopot dari kursi kepelatihan), hal ini sendiri terjadi setelah pihak dari PSSI memutuskan tidak akan menperpanjang kontrak pelatih yang kini berusia 54 tahun tersebut.

 

Sebelumnya Indra Sjafri sempat dipercaya untuk memimpin Timnas Indonesia U-19 pada dua ajang yakni Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia 2018, sebelum dirinya resmi diberhentikan tugas nya sebagai kepala pelatih. Namun pihak dari PSSI tidak menyebutkan dengan detail alasan dari penggantian pelatih berusia 54 tahun tersebut.

 

Keputusan penberhentian Indra Sjafri dari kursi kepelatihan Timnas U19 oleh pihak PSSI tersebut, disampaikan langsung oleh Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria di kantor PSSI, Kuningan, Jakarta pada hari Selasa (12/11) dihadapan para wartawan. Keputusan yang diambil oleh pihak PSSI mengenai penggantian Pelatih Indra Sjafri, juga dilakukan berdasarkan laporan lengkap Indra selama musim 2017 bersama dengan timnas U-19 pada Jumat (17/11) lalu.

 

“Indra sudah tidak lagi berada di posisi Kepala Pelatih di tim nasional U-19, itu sudah pasti. Sampai dengan akhir Desember kontraknya. Kontraknya tidak diperpanjang lagi untuk menangani timnas U19,” ujar Tisha.

 

Walaupun kedepan nya Indra Sjafri tidak lagi menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19, namun kebersamaan antara Indra dengan pihak dari PSSI masih akan tetap berlanjut.

 

“PSSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Indra Sjafri yang selama ini bekerja keras bersama Timnas U-19. Kami tetap akan bekerja sama dengan pelatih Indra di Federasi untuk membangun sepak bola nasional. Ini merupakan tugas dan tantangan yang jauh lebih besar,” kata Tisha.

 

Tisha pun menjelaskan rencana strategis PSSI menuju Piala Dunia 2034 meliputi lima pilar, yakni football development, organisasi, kompetisi, tim nasional, serta bisnis dan industri. Dari sisi football development, bakal melewati AFC U-19 2020 dan Youth World Cup 2021 dan Olimpiade 2024.

 

Namun sebelum Indra Sjafri menjalankan tugas baru, pelatih berusia 54 tahun tersebut diminta untuk tetap mengawal transisi Timnas U-19 dengan bersama pelatih baru yang sedang disiapkan pihak PSSI hingga Januari. Setelah itu Indra lebih fokus membantu area football development untuk bersama-sama menjawab visi besar PSSI untuk Olimpiade 2024.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*