Liga 1 Indonesia Putaran Kedua Akan Pakai Wasit Asing

Liga 1 Indonesia Putaran Kedua Akan Pakai Wasit Asing

Sepakbolaindo – Liga 1 Indonesia Putaran Kedua Akan Pakai Wasit Asing. Dunia sepakbola Indonesia akan semakin menarik disaksikan, setelah PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator dan penyelengara menbuat terobosan dengan menggunakan wasit asing di putaran kedua kompetisi tersebut.

 

Hal itu terjadi setelah adanya masukan dari klub-klub peserta kompetisi terkait kinerja perangkat pertandingan yang ada saat ini. Dari evaluasi yang telah dilakukan, wasit asing pun akan dipakai di putaran kedua Liga 1. Terobosan dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang telah pasti menggunakan wasit asing, ditanggapi positif oleh beberapa klub peserta Liga 1 dan bahkan mereka mendukung demi kompetisi yang lebih baik.

 

Walaupun begitu, tak berarti wasit lokal nantinya tak dapat panggung. Wasit asing cuma akan berperan sebagai wasit tengah. Ada pula pula perhitungan tersendiri agar wasit lokal tetap bisa berperan. Dan dari evaluasi tersebut juga, wasit asing akan hanya berperan 50 persen dari 7-9 pertandingan per pekan dan tetap hanya sebagai wasit tengah.

 

“Putaran pertama akan segera selesai, tentu ada beberapa catatan penting untuk memperbaiki kekurangan di putaran pertama,” kata Direktur PT LIB Berlinton Siahaan dalam jumpa pers yang dilakukan di kawasan Epicentrum, Kuningan, Selasa (18/7/2017).

 

“Kami akan mencoba mengundang wasit asing khususnya wasit tengah. Jadi jika dalam satu pekannya ada 7 sampai 9 pertandingan, maka 50 persennya dari jumlah itu akan menggunakan wasit asing,” katanya.

 

Hal itu telah dikoordinasikan kepada PSSI yang juga telah menberikan persetujuan, dan berikutnya tinggal PSSI yang melanjutkan urusan administrasinya dengan berkoordinasi kepada AFC untuk kemudian dilanjutkan kepada FIFA.

 

“Jadi kedepan nya AFC yang akan mencari dan berkoordinasi dengan federasi wasit yang dibidik dan pihak AFC juga yang akan memilih dan menugaskannya serta dari mana wasit asing itu berasal, serta yang penting mempunyai lisensi FIFA,” ujar Chief Operation Officer (COO) PT LIB Tigor Syalomboboy.

 

Secara terperinci mengenai penugasan wasit-wasit asing itu nanti, CEO PT LIB Risha Adi Wijaya juga menyatakan bahwa semuanya nanti ditentukan oleh sistem khusus. Dan dengan terobosan baru tersebut PT LIB berharap mutu kompetisi Liga 1 bisa terus meningkat , termasuk untuk meminimalisir keluhan-keluhan yang sudah meuncul pada putaran pertama kompetisi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*