Aksi Anarkis Bobotoh Mendapatkan Sanksi Dari Komdis PSSI

Aksi Anarkis Bobotoh Mendapatkan Sanksi Dari Komdis PSSI

Sepakbolaindo – Aksi Anarkis Bobotoh Mendapatkan Sanksi Dari Komdis PSSI. Komite Disiplin (Komdis) PSSI sudah menyidangkan kasus invasi Bobotoh saat Persib Bandung berlaga melawan Bhayangkara FC. Komdis akhirnya memberikan sanksi pada Bobotoh dan denda pada Maung Bandung.

 

Persib mendapat sanksi akibat turunnya suporter setia yang biasa disebut bobotoh dalam pertandingan kontra Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 4 Juni 2017 lalu. Ketika itu, pertandingan sempat terhenti sebelum akhirnya dilanjutkan. Seusai pertandingan yang dimenangi tim tuan rumah dengan skor 2-0, bobotoh Persib kembali turun ke lapangan untuk menemui para pemain.

 

Para suporter fanatik Persib itu masuk ke lapangan untuk mengungkapkan kekecewaannya atas prestasi tim kesayangannya yang sempat menurun. Bobotoh juga terlihat menyalakan flare di tribun. Sidang yang digelar Komdis pada hari Rabu, 13 Juni 2017 di Hotel Alana Yogyakarta, akhirnya menghasilkan dua keputusan. Satu untuk Persib dan satu lagi untuk Bhayangkara FC.

 

Komdis PSSI lantas menjatuhi Persib dengan hukuman berupa larangan memakai atribut ke dalam stadion sebanyak tiga kali dan denda Rp 45 juta karena terbukti para suporter Persib masuk ke lapangan dan membakar flare.

 

Kemudian, Komdis PSSI juga memberikan sanksi berupa denda pada panitia pelaksana pertandingan (panpel) Bhayangkara FC. Panpel Bhayangkara FC diwajibkan membayar denda Rp. 15 juta karena lalai membiarkan penonton masuk ke dalam lapangan pada laga tersebut. Insiden turunnya para bobotoh ke lapangan hingga sempat menghentikan pertandingan ini jadi perhatian penggemar olahraga si kulit bundar di Tanah Air.

 

Bahkan pemerintah melalui Kemenpora, secara khusus memantau kinerja PSSI dalam melihat pelanggaran ini dengan menanyakan kelanjutan kasus ini kala bertemu dengan perwakilan PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru, di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (12/6/2017).

 

Sejauh ini di Liga 1, Persib sudah beberapa kali mendapat sanksi akibat ulah bobotoh yang kedapatan menyalakan flare, semisal saat pertandingan kandang menjamu Arema (16/4/2017) dan Persipura Jayapura (7/5/2017).

 

Namun, untuk sanksi larangan memakai atribut untuk para suporter, baik untuk partai kandang maupun tandang, baru kali ini diterima Persib. Denda Rp 45 juta juga jadi denda terbesar yang dijatuhkan Komdis selama kompetisi musim ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*